Jadilah Ayah Seperti yang Kamu Inginkan

Di kantor saya ada beberapa item yang mencerminkan kegembiraan besar yang saya temukan di keluarga saya; Di antaranya ada dua barang spesial. Salah satunya adalah patung kecil yang dipresentasikan kepada saya bertahun-tahun yang lalu pada Hari Ayah oleh salah satu anak saya. Ini berisi pesan ini: "Ayah Terbesar di Dunia."

Item kedua, sebuah plakat yang diberikan oleh anak-anak saya yang lain pada Hari Ayah yang lain, berbunyi: "Seorang ayah adalah seseorang yang Anda cari tidak peduli seberapa tinggi Anda." Karunia ini memberi dorongan yang tepat waktu, datang tahun putra sulung saya melampaui saya. (Saat itulah saya memutuskan, secara tidak sadar tentu saja, untuk mengalahkannya dalam ketebalan dan saya melakukannya.)

Barang milik ayah tertentu ini sangat penting bagi saya karena suatu alasan saya ingin berbagi dengan Anda di sini. Saya tahu, semua terlalu baik, bahwa saya bukan "ayah terhebat di dunia". Namun, hiperbola yang diungkapkan dalam pemberian ini sangat mendorong saya. Anda tahu, saya tidak akan pernah membeli barang semacam itu untuk ayah saya.

Tidak akan salah satu saudara kandung saya. Dan, dari apa yang saya dengar, ayah saya bahkan cenderung melakukan tindakan tegas seperti itu terhadap ayahnya. Mereka memiliki hubungan yang sangat penuh badai.

Sementara saya tinggal di rumah, hubungan saya dengan Ayah ditandai oleh usaha umum saya (dan biasanya tidak berhasil) untuk menyenangkan dia dan mendapatkan persetujuannya, selalu hidup dalam ketakutan akan ledakan kemarahannya yang tak terduga. Ledakannya sering menyebabkan pelecehan verbal dan fisik di rumah kita.

Di tahun-tahun remaja saya, saya sering dipenuhi dengan kemarahan (dan kadang-kadang kebencian yang intens) terhadapnya. Kami tidak pernah memiliki ayah dan anak berbicara tentang apapun yang dapat saya ingat. Kami memiliki ceramah ayah-ke-anak. Dia mengajari saya sedikit instruksi, tapi banyak contohnya. Saya belajar dari Ayah bagaimana tidak memperlakukan istri dan anak-anak.

Setelah saya meninggalkan rumah Indiana kami, ketegangan dalam hubungan kami pecah. Kami benar-benar memiliki hubungan yang sangat damai, meski permukaan,. Sejak saya meninggalkan rumah untuk Angkatan Laut pada usia 18 sampai dia meninggal saat berusia 39 tahun, satu-satunya saat saya melihatnya adalah ketika saya mengunjunginya.

Mungkin saja, meski sejujurnya saya tidak ingat, bahwa sekali atau dua kali di tahun-tahun itu, Dad memanggil saya lewat telepon. Investasi inisiatnya dalam hubungan dewasa-ke-dewasa kami hanya sebentar.

Saya membagikan hal-hal ini untuk tidak menurunkan ayah saya, tapi untuk membantu Anda melihat dari mana saya berasal (dan dari mana saya berasal) saat saya membahas masalah ini. Berdasarkan asas alkitabiah dalam Lukas 16 di mana seorang pria di neraka memohon agar kata itu dikirim untuk memperingatkan keluarga yang tinggalnya untuk menghindari kesalahannya yang mengerikan (bukan berarti saya pikir ayah saya pergi ke neraka), saya yakin Ayah ingin saya berbagi Hal-hal ini membantu Anda mengklaim hal-hal yang tidak dia lakukan. Dia ingin Anda tahu bahwa Anda tidak harus seperti ayah yang Anda miliki.

Tentu, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. (Anda mengharapkan itu, kan?)

Selama bertahun-tahun setelah meninggalkan rumah, saya beroperasi dengan agenda tak sadar yang saya pikir akan berhasil dengan baik. Visi saya untuk sukses dalam kedewasaan sederhana: "Jangan seperti Ayah!"

Saya harus memperingatkan Anda: itu tidak berhasil!
Visi negatif untuk hidup itu dihasilkan dari pikiran alami saya di masa muda saya. Begitulah sering terjadi pada mereka yang berasal dari rumah tidak sehat. Saya menemukan, untungnya, bahwa Tuhan memiliki visi yang berbeda dan lebih baik untuk hidup saya. Itu adalah visi positif daripada yang negatif.

Alih-alih hidup untuk "tidak menjadi seperti seseorang", saya menemukan bahwa Tuhan telah benar-benar memanggil saya "untuk menjadi seperti Seseorang" - dan Seseorang itu adalah Yesus. Dan visi ini telah mengarahkan perubahan positif dalam diri saya selama lebih dari 40 tahun.

Tolong, jangan salah paham. Saya belum datang Saya hanya ingin Anda tahu bahwa saya bergerak ke arah yang benar. Dan saya berkata, "Ikutlah aku saat aku mengikuti Kristus" (1 Korintus 11: 1). Tidak masalah seberapa baik atau buruknya ayah Anda, Anda memiliki Bapa Surgawi Sempurna yang ingin mengajari Anda untuk menjadi ayah yang lebih baik daripada ayah yang Anda miliki.

Dan dengan nada yang sama, tidak peduli seberapa baik atau buruknya model hubungan suami-istri ada di rumah Anda, Anda memiliki Tuhan yang adalah Suami yang Sempurna untuk Gereja, dan Dia ingin mengajari Anda untuk mencintai istri Anda.

Selama bertahun-tahun saya benar-benar mengira saya adalah suami yang baik karena saya tidak menjerit atau mengutuk istri saya; Dan aku tidak akan pernah memukulnya. Demikian juga, saya merasa bahwa saya akan menjadi model ayah, jika saya hanya tidak kasar. Tapi itu adalah visi negatif saya yang beroperasi. Anda lihat, dengan pandangan negatif Anda sama sekali tidak dapat melakukan apa-apa dan berpikir bahwa Anda benar-benar melakukan sesuatu.

Jika Anda memikirkan jenis transformasi yang sedang saya bicarakan datang dengan surat baptis Anda, pikirkan lagi. Ini benar-benar terjadi selama bertahun-tahun pemuridan yang serius. Itu tidak terjadi seketika atau otomatis. Hal itu terjadi saat Anda merendahkan diri untuk menjadi orang yang dapat dididik, bersedia untuk berdoa dengan harga - dan dalam beberapa hal - membayar harganya.

Bagi mereka yang telah mengalami luka atau kekurangan substansial dalam pengasuhan anak, umumnya dibutuhkan lebih dari "program" rutin gereja lokal untuk menemukan pemulihan dan tingkat keutuhan yang masuk akal.

Akan sangat menyenangkan jika kita bisa mencapai tingkat keutuhan yang masuk akal sebelum kita menikah dan memiliki anak. Bagi banyak dari kita, itu bukan pilihan; Kami telah memiliki keluarga untuk waktu yang lama dan mungkin baru menyadari kebutuhan akan restorasi kami.

Jangan menyerah pada keputusasaan; Mintalah Tuhan untuk menjadikan Anda pria yang seharusnya. Lalu, tetap rendah hati dan bisa diajar.

Anda berkata, "Sudah terlambat, anak-anak saya tumbuh dan pergi!" Tidak, teman baik, belum terlambat! Rangkullah kehendak Tuhan dan teruslah menjadi pria yang diinginkannya, yang mencakup penyempurnaan peran Anda sebagai seorang ayah.

Kita masih ayah bahkan setelah anak-anak kita menjadi ibu atau ayah sendiri. Tidak, mereka tidak ingin kita mencoba menjalankan hidup mereka (dan juga Tuhan, omong-omong). Tapi mereka masih membutuhkan cinta kita yang jatuh tempo. Dan bahkan anak-anak dewasa kita bisa diberkati oleh kebaruan yang dibawa ke kehidupan kita melalui karya pengudusan Roh Allah.

Akhirnya, tolong jangan biarkan diri Anda terjebak dalam kebencian dan kepahitan terhadap ayah yang meninggalkan atau menyiksa Anda. Mintalah Tuhan untuk membantu Anda mengatasi luka Anda dan datang ke tempat pengampunan. Mintalah Tuhan untuk mengungkapkan perbedaan antara kompensasi kedagingan Anda atas kegagalan ayah Anda dan kehendak suci Allah untuk hidup Anda sebagai seorang ayah.

Apa yang saya maksud dengan "kompensasi daging atas kegagalan ayahmu?" Mungkin ayahmu kasar dalam disiplinnya. Kompensasi daging bisa membuat Anda tidak menggunakan disiplin yang efektif dalam usaha menjadi teman baik bagi anak-anak Anda dan bukan ayah yang baik. Mungkin ayahmu tidak tahan terhadap ibumu saat dia jelas tidak sejalan. Kompensasi daging bisa membawa Anda berada di wajah istri Anda setiap saat, membuat Anda yang jelas-jelas tidak sejalan.

Comments

Popular posts from this blog

Wanita Hamil dengan Asuransi Perjalanan yang Boleh dan Tidak

Wuling Tawarkan Garansi Hingga Lima Tahun